KEGUNAAN BENDA ELASTIS SEHARI-HARI


.

Pernakah dirimu melihat alat yang tampak pada gambar ini ? wah, hari gini belum  itu adalah gambar pegas. Nyamannya kehidupan kita tidak terlepas dari bantuan pegas, walaupun kadang tidak kita sadari. Ketika dirimu mengendarai sepeda motor atau berada dalam sebuah mobil yang sedang bergerak di jalan yang permukaannya tidak rata alias jalan berlubang, pegas membantu meredam kejutan sehingga dirimu merasa sangat nyaman berada dalam mobil atau ketika berada di atas sepeda motor. Apabila setiap kendaraan yang anda tumpangi tidak memiliki pegas, gurumuda yakin perjalanan anda akan sangat melelahkan, apalagi ketika menempuh perjalanan yang jauh. Ketika turun dari mobil langsung meringis kesakitan karena terserang encok dan pegal linu  pegas tidak hanya dimanfaatkan di mobil atau sepeda motor, tetapi pada semua kendaraan yang selalu kita gunakan. Selengkapnya akan kita kupas tuntas pada akhir tulisan ini. Pegas merupakan salah satu contoh benda elastis. Contoh benda elastis lainnya adalah karet mainan



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

energi kinetik


.

1.      Buah durian tergantung pada tangkai pohonnya setinggi 8 meter, jika massa durian 2 kg dan percepatan gravitasi 10 N/kg, berapa energi potensial yang dimiliki durian tersebut ?
Penyelesaian :
Diketahui :
h = 8 meter
m = 2 kg
g = 10 N/kg
Ditanyakan : Ep = ……… ?
Jawab :
Ep = m.g.h
Ep = 2 kg. 10 N/kg. 8 m
Ep = 160 Nm
Ep = 160 J

Sebuah mobil yang massanya 1000 kg bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Berapa energi kinetik yang dimiliki mobil tersebut ?
Penyelesaian :
Diketahui :
m = 1000 kg
v = 15 m/s
Ditanyakan : Ek = ……… ?
Jawab :
Ek = ½ m.v2
Ek = ½ 1000 kg.(15 m/s)2
Ek = ½ 1000 kg.225 m2/s2
Ek = 112500 kg m2/s2
Jadi energi kinetik yang dimiliki oleh mobil tersebut adalah 112500 joule.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

kekekalan momentum,momentum dan impuls


.

kekekalan momentum
1. Seorang anak naik skate board yang massanya 5 kg dengan kelajuan 5 m/s. Jika massa anak 25 kg, tentukan kecepatan skate board pada saat :
a. anak melompat ke depan dengan kelajuan 2 m/s
b. anak melompat ke belakang dengan kelajuan 2 m/s
c. anak melompat ke samping dengan kelajuan 2 m/s
Penyelesaian :
Dik : ma = 25 kg
va = 5 m/s
ms = 5 kg
vs = 5 m/s
Dit : a) vs‘ = …..? va‘ = 2 m/s
b) vs‘ = …..? va‘ = – 2 m/s
c) vs‘ = …..? va‘ = 2 m/s, α = 90°
Jwb : a) ma Va + ms Vs = ma Va‘ + ms Vs‘
25 . 5 + 5 . 5 = 25 .2 + 5. Vs‘
125 + 25 = 50 + 5. Vs‘
150 = 50 + 5. Vs‘
150 - 50 = 5. Vs‘
Vs‘ = 20 m/s
b) ma Va + ms Vs = ma Va‘ + ms Vs‘
25 . 5 + 5 . 5 = 25 .(-2) + 5. Vs‘
125 + 25 = - 50 + 5. Vs‘
150 = - 50 + 5. Vs‘
150 + 50 = 5. Vs‘
Vs‘ = 40 m/s
c) ma Va + ms Vs = ma Va‘ cos α + ms Vs‘
25 . 5 + 5 . 5 = 25 .2 . cos 90°+ 5. Vs‘
125 + 25 = 0 + 5. Vs‘
150 = 5. Vs‘
150 = 5. Vs‘
Vs‘ = 30 m/s



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

membuat leyuot


.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

MENENTUKAN NILAI A,B,C,D DAN E MENGGUNAKAN APLIKASI SEDERHANA MENGGUNAKAN VB6


.


Langkah pertama
Buka vb sampai muncul gambar tersebut dan pilih standard exe dan klik open 
Dan ketika anda mengeklik open akan muncul gambar seperti di bawah ini



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

cara membuat aplikasi restaoran dengan vb


.

 Langkah pertama
 butlah frame dengan meng klik frame
 Lalu mengarahkan pointer ke arah lembar kerja VB
 Klik dan geser pointer sesuai dengan ukuran yang kita inginkan Seperti gmbar di atas
 Frame di atas dapat kita ubah dengan cara mengubah “caption” pada propertieses sesuai keinginan

=>Langkah ke 2

=>Setelah membuat frame ,buatlah options button
=> caranya seperti lngkah pertama mengeklik options button dan menggeser pointer ke dalam frame
=> option button tersebut dapat kita ubah dengan cara mengubah “caption” pada propertieses
sesuai keinginan

Langkah ke3
=>dan membuat label denagn cara me klik label di menu tool box
=>lalu arahkan pointer pada lembar kerja
=> dan anda bisa mengubah font-fontnya di properties

Langkah ke 4
Mengubah nama-nama di masing-masing caption ,frame,label
seperti gambar di bawah ini

Cara mengubah nama tersebut anda bisa mengubahnya di
Menu properties

Nah itu di atas cara membuat objeknya
Sekarang saya akan member I tau cara kodingnya
Begini

“klik 2x pada option1-options6 nanti akan muncul gambar seprti d bawah ini





Dan d lembar pengkodean
 itu anda bisa mengetik
 kode di bawah ini di masing-masing optsion









Untuk option1
(Label1.Caption = "8000"
MsgBox "lezat gurih dan nikmat")
Untuk option2
Label1.Caption = "5000"
MsgBox "yakin pasti akan membuat lidah anda bergoyang"
Untuk optios3
Label1.Caption = "6500"
MsgBox "hoottss bgts"

Untuk optios4
Label2.Caption = "3000"
MsgBox "stelah minum pasti akan sperti hidup kembali"
Untuk optios5
Label2.Caption = "2500"
MsgBox "anda akan terasa jozz"
Untuk optios6
Label2.Caption = "3500"
MsgBox "seggerr bgts nee"
Setelah anda memasukan kode tersebut anda coba jalankan(running)projek tersebut


Dan akan muncul gambar sperti di bawah ini

Dan ketika anda mengeklik salah satu menu tersebut akan muncul msgboxnya dan harga makanan atau minuman seperti gambar yg di lingkari di samping

Ex:  warna ungu harga makanan
:       warna putih harga minuman
        :warna merah msbboxnya



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

SIAP MENGHADAPI ULANGAN MATEMATIKA


.

Menghadapi ulangan bisa jadi


sebuah hal yang menyebalkan bagi seorang siswa. Namun, boleh dikatakan tidak ada asap kalau tidak ada api. Dalam hal ini maksudnya, tidak mungkin ulangan merupakan hal yang tidak disukai kalau siswa sebenarnya ada dalam keadaan siap menghadapinya.

Lalu, mengapa siswa merasa tidak siap menghadapi ulangan? Ada beberapa faktor, diantaranya:

* Siswa belum menyadari tugasnya sebagai seorang pelajar.
* Merasa tidak menguasai bahan.
* Tidak menjadikan ulangan sebagai alat untuk membuktikan kemampuan dirinya.
* Malas mempersiapkan (belajar di rumah)
* Malas berfikir.
* Tidak siap menerima hasil ulangan yang jelek.

Matematika, Menakutkan?!

Pelajaran matematika masih sering menjadi pelajaran yang paling menakutkan di antara pelajaran-pelajaran lainnya. Sifatnya yang merupakan ilmu pasti membuat siswa merasa tidak ada pilihan dalam menjawab soal-soal ulangan melainkan harus benar-benar tepat menjawabnya.

Pengoperasiannya pun tidak bisa seenaknya, tapi harus memakai rumus-rumus yang benar. Sangat berbeda dengan pelajaran sosial yang bisa diuraikan dengan panjang lebar dan jawabannya pun bisa berbeda-beda asal memiliki argumentasi yang kuat.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer