SIAP MENGHADAPI ULANGAN MATEMATIKA


.

Menghadapi ulangan bisa jadi


sebuah hal yang menyebalkan bagi seorang siswa. Namun, boleh dikatakan tidak ada asap kalau tidak ada api. Dalam hal ini maksudnya, tidak mungkin ulangan merupakan hal yang tidak disukai kalau siswa sebenarnya ada dalam keadaan siap menghadapinya.

Lalu, mengapa siswa merasa tidak siap menghadapi ulangan? Ada beberapa faktor, diantaranya:

* Siswa belum menyadari tugasnya sebagai seorang pelajar.
* Merasa tidak menguasai bahan.
* Tidak menjadikan ulangan sebagai alat untuk membuktikan kemampuan dirinya.
* Malas mempersiapkan (belajar di rumah)
* Malas berfikir.
* Tidak siap menerima hasil ulangan yang jelek.

Matematika, Menakutkan?!

Pelajaran matematika masih sering menjadi pelajaran yang paling menakutkan di antara pelajaran-pelajaran lainnya. Sifatnya yang merupakan ilmu pasti membuat siswa merasa tidak ada pilihan dalam menjawab soal-soal ulangan melainkan harus benar-benar tepat menjawabnya.

Pengoperasiannya pun tidak bisa seenaknya, tapi harus memakai rumus-rumus yang benar. Sangat berbeda dengan pelajaran sosial yang bisa diuraikan dengan panjang lebar dan jawabannya pun bisa berbeda-beda asal memiliki argumentasi yang kuat.

baca selengkapnya

Bersahabat Dengan Matematika

Ada beberapa saran bagi Anda, para siswa, supaya siap menghadapi ulangan matematika ini:

* Buka pikiran Anda seluas-luasnya pada saat guru sedang menerangkan pelajaran. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda sangat ingin tahu apa yang akan diterangkan oleh guru, walaupun pada saat itu sebenarnya Anda sangat malas sekali.
* Bayangkan pada pikiran Anda, bahwa jika menerima ilmu baru maka otak akan terisi sesuatu yang berguna. Membuat Anda bertambah pintar, dan jauh dari kepikunan.
* Tanya pada diri Anda, apakah Anda tahu intisari dari pelajaran itu?
* Kalau tahu, hal apa saja yang Anda dapatkan dari pelajaran tersebut. Dan kalau tidak, jangan sungkan untuk menanyakan kepada guru. Guru akan senang sekali menjelaskan apabila murid berterus terang mengenai pelajaran yang tidak dimengertinya.
* Pelajaran matematika adalah pelajaran yang baru bisa dimengerti kalau dipraktekkan dengan mengerjakan soal-soal. Maka, buktikan kemampuan otak Anda dengan mencoba mengerjakan soal-soal.
* Ingat, pelajaran matematika adalah ilmu pasti. Jadi, sesulit apapun soal itu, pasti ada jawabannya. Kalau belum ketemu jawabannya pasti ada cara pengoperasiannya yang salah.
* Malas berfikir adalah penyakit. Kalau Anda tetap memelihara penyakit tersebut, pada waktu yang tidak lama, akan bertambah parah yang berujung kepada kebodohan dan kepikunan. Akibatnya, Anda akan gampang ditipu dan dibodohi orang.
* Malas menghapal rumus? Sebenarnya kalau rajin berlatih, otak akan membantu Anda menemukan rumus yang tepat pada saat diperlukan. Percayalah pada kemampuan otak Anda.
* Sekarang banyak dijual poster-poster yang berisi tentang intisari suatu pelajaran termasuk rumus-rumus matematika. Menempel poster itu di dinding kamar Anda supaya selalu terlihat, bisa sangat membantu.
* Malu sama teman karena Anda menjadi pintar? Nah, apakah mereka peduli kalau Anda sedang ada dalam masalah besar di kehidupan masa yang akan datang?

Bagaimana? Siap sekarang menghadapi ulangan matematika? Tips di atas tentu bisa dipraktekkan pada mata pelajaran apapun. Kalau Anda sudah menganggap gampang pelajaran matematika, kenapa takut menghadapi pelajaran lainnya?



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Posting Komentar